Tepus. SMK YPKK Tepus kembali menggelar workshop yang sangat
bermanfaat bagi pengembangan kualitas pengajaran di sekolah. Pada tanggal 31
Oktober 2024, para guru dan karyawan di SMK YPKK Tepus mengikuti workshop
dengan tema “Pembelajaran Berdiferensiasi” yang dipandu oleh narasumber, Ibu
Novi Nur Aini, S.Pd., yang telah berpengalaman menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.
Sebelum masuk ke materi Pembelajaran Berdiferensiasi, acara
diawali dengan penyampaian oleh Bapak Ngatiman, S.Pd. mengenai pentingnya
penerapan tata tertib di sekolah dalam rangka mewujudkan suasana belajar
yang kondusif, kedisiplinan, keamanan dan kenyamanan, terbinanya karakter siswa,
meningkatnya kualitas dan citra sekolah serta terciptanya rasa hormat dan
toleransi.
Dalam sesi ini semua guru karyawan berdiskusi bagaimana meningkatkan kesadaran peserta didik dalam mematuhi tata tertib sekolah dan menyusun strategi praktis dalam merespon permasalahan yang muncul berkaitan dengan ketertiban peserta didik.
Berlanjut ke materi berikutnya, Ibu Novi Nur Aini, S.Pd. menguraikan
bahwa pembelajaran berdiferensiasi adalah suatu pendekatan yang mengakomodasi
perbedaan karakteristik, kemampuan, serta kebutuhan belajar setiap peserta
didik. Dengan adanya pendekatan ini, para guru diharapkan dapat menyusun
strategi pengajaran yang sesuai untuk memaksimalkan potensi setiap siswa.
Setiap peserta didik memiliki keunikan gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik) dan tingkat pemahaman yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang dapat menyesuaikan dengan keberagaman tersebut. Pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan kita untuk menciptakan suasana belajar yang inklusif dan memberikan kesempatan bagi semuapeserta didik untuk berkembang sesuai keunikan mereka.
Selain pemaparan materi, workshop ini juga diisi dengan
berbagai aktivitas interaktif, seperti ice breaking, simulasi, dan diskusi yang
memungkinkan para peserta untuk berbagi pengalaman serta bertukar ide tentang
cara efektif dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi di kelas.
Para guru juga diberikan tugas untuk merancang rencana pembelajaran yang
berbasis pada kebutuhan siswa masing-masing.
Posting Komentar