About Me

Tepus. Pelepasan dan Wisuda Purna Siswa SMK YPKK Tepus tahun pelajaran 2023/2024 digelar Sabtu, 25 Mei 2024 di Balai Kalurahan Giripanggung, Tepus, Gunungkidul. Wisuda diikuti siswa kelas XII dari Kompetensi Keahlian Tata Busana dan Teknik Sepeda Motor.




Hadir dalam acara tersebut Pengawas Pendamping SMK YPKK Tepus, Pengurus YPKK DIY dan Cabang Gunungkidul, Komite Sekolah, Lurah Giripanggung dan jajarannya, Kepala YPKK Kulon Progo, Kepala SMPN 2 Tepus, Kepala SDN Gupakan I dan II, Kepala KB Amanah, Kepala TK PKK Giripanggung, tokoh pendidikan dan warga sekitar, kepala sekolah beserta guru karyawan SMK YPKK Tepus, dan orang tua/wali peserta wisuda.



Acara dimulai pukul 08.30 dipandu oleh Inna Ramadhani (XI TB) dan Sevina Ramadhani (X TB) didampingi oleh Bapak Kastana, M.Pd.

Setelah berdoa, seluruh hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan khidmat dipimpin oleh Fitriyana Nuraini (XI TB). Disusul dengan sajian tari Gambyong oleh Rina Astuti (XII TB) menjadikan acara bertambah semarak. Nuansa budaya Jawa semakin terasa dengan iringan karawitan oleh para wiyaga (kelas X dan XI) di bawah bimbingan guru seni budaya Bapak Yudhitriyono, S.Sn.



Kepala sekolah, Dr. Sukiter, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung keberlangsungan pendidikan di SMK YPKK Tepus sehingga dapat meluluskan peserta didik yang berkarakter dan berkompeten setiap tahunnya. Beliau menegaskan, ada tiga pilihan bagi lulusan SMK yaitu Bekerja, Melanjutkan Studi, atau Wirausaha (BMW). “Selamat atas kelulusan anak-anakku kelas dua belas. Selamat meniti masa depan yang lebih jauh lagi, jadilah pribadi yang matang, mandiri, dan berprestasi,” ungkapnya.


Serah terima peserta didik dari pihak sekolah kepada wali murid dilangsungkan secara simbolis dan diterima oleh Komite Sekolah. Bapak Jumadi, S.Pd. mewakili wali murid menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada SMK YPKK Tepus yang selama 3 tahun telah mendidik putra-putri sehingga pada momen kelulusan tampak para wisudawan yang membanggakan.



Prosesi wisuda diawali dengan pemberian penghargaan bagi wisudawan terbaik yakni Puput Praditya Sari dari Kompetensi Keahlian Tata Busana dan Raditia Nur Eka Saputra dari Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor. Selanjutnya, satu per satu para peserta diwisuda dan mendapatkan SKL sebagai tanda telah menamatkan studi di SMK.

Kata pamit wisudawan disampaikan oleh Risa Puspitasari dan tanggapan oleh Nabila Selviani (XI TB) sebagai perwakilan kelas X dan XI.



Ibu Pudjiarti selaku ketua YPKK DIY berpesan kepada para wisudawan agar selalu menjaga nilai-nilai yang telah diajarkan oleh bapak/ibu guru yaitu senantiasa melibatkan Tuhan dalam setiap urusan, berakhlak baik, menghormati orang tua, menjaga identitas dengan mempertahankan budaya namun tetap berpikiran terbuka serta memanfaatkan kemajuan teknologi dengan bijaksana. “Terbanglah tinggi namun tetap membumi, artinya pergilah yang jauh namun jangan lupa kembali. Termasuk kembali ke SMK untuk bercerita sebagai testimoni bagi generasi berikutnya di SMK YPKK Tepus,“ ungkapnya.


Bapak Agung Santoso, S.I.P., M.Pd. selaku Pengawas Pendamping menyatakan dukungannya kepada SMK YPKK Tepus yang senantiasa bersemangat mengembangkan sekolah termasuk rencana untuk menambah jurusan baru. Kepada para lulusan diharapkan mengisi Tracer Study agar tetap terpantau keberlanjutannya setelah lulus dari SMK, baik dengan bekerja, kuliah, maupun berwirausaha.


Acara diakhiri dengan doa dipimpin oleh Bapak Sularso. Selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan. Selamat melanjutkan perjuangan. (ist)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama