About Me


Tepus. 20 Mei 2024, SMK YPKK Tepus menerima kunjungan dari Perpustakaan Nasional sebagai rangkaian dari proses Akreditasi Perpustakaan Sasana Widya YPKK Tepus Tahun 2024. Tim asesor terdiri dari 2 orang, yaitu Bapak Drs. Asta Budi Rahardjo dan Ibu Cicilia Sri Rahayu, S.IP.


Bertempat di ruang perpustakaan Sasana Widya YPKK Tepus, dipandu oleh Bapak Kastana, M.Pd. acara dimulai pukul 10.30 WIB.


Hadir dalam penyambutan tersebut, Ketua YPKK Gunungkidul, Kepala SMK YPKK Tepus, Kepala Perpustakaan Sasana Widya beserta guru dan karyawan SMK YPKK Tepus.


Acara diawali dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan dan pemaparan profil perpustakaan oleh Dr. Sukiter, M.Pd. selaku kepala sekolah. Dalam sambutannya, kepala sekolah mengucapkan selamat datang dan mengharapkan adanya pencerahan dari tim asesor sehingga acara visitasi ini dapat menjadikan tambahan motivasi dan referensi untuk meningkatkan fungsi dan kualitas perpustakaan Sasana Widya YPKK Tepus.


Pada sesi presentasi, kepala sekolah memaparkan sejarah berdirinya perpustakaan, visi misi, kondisi sarana prasarana, SDM yang dimiliki, layanan perpustakaan serta dukungan dan komitmen sekolah dalam mengembangkan perpustakaan.


Acara dilanjutkan dengan verifikasi dari tim asesor. Pada sesi ini, Bapak Ipung Untoro, M.Pd.B.I.  selaku kepala perpustakaan memberikan informasi kepada tim asesor terkait beberapa komponen, antara lain komponen koleksi, sarana prasarana, layanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan serta komponen penguat.


Selanjutnya, tim asesor menyampaikan beberapa rekomendasi di antaranya rekomendasi untuk menambah koleksi, memperbanyak kegiatan yang mendukung literasi, peningkatan sarana prasarana, efisiensi pengelolaan perpustakaan menggunakan aplikasi, dan promosi perpustakaan melalui berbagai media.



Di akhir acara, Bapak Bahron Rasyid, S.Pd., M.M. selaku Ketua YPKK Gunungkidul menyampaikan kata penutup berupa ucapan terima kasih atas kehadiran tim asesor. Pihaknya berkomitmen untuk senantiasa berbenah guna meningkatkan pengelolaan perpustakaan serta memberikan layanan terbaik bagi para pemustaka sehingga perpustakaan Sasana Widya dapat berfungsi maksimal bagi peserta didik, guru, dan karyawan SMK YPKK Tepus. (ist)






Post a Comment

Lebih baru Lebih lama