About Me


GUNUNGKIDUL -- Panitia pemilihan Ketua MGBK SMK GK yang diketuai oleh Bapak Rinto (SMK N 1 Ngawen) akhirnya selesai mengemban tugasnya dalam melaksanakan prosesi pemilihan ketua MGBK SMK melaui polling yang dilakukan secara online untuk seluruh anggota MGBK SMK GK.

Selanjutnya, pada hari Rabu 4 Maret 2020 yang bertempat di SMKN 2 Wonosari diadakan pemaparan oleh Ketua panita terkait hasil poling yang sudah dilakukan kurang lebih selama satu bulan. Pada kesempatan itu, dihadiri oleh 51 anggota MGBK GK yang merupakan perwakilan dari 44 SMK yang hadir, dan 4 SMK menyatakan ijin dalam acara tersebut.

Selain anggota MGBK, dihadiri pula Ketua MKKS SMK GK, Bp. Ahmad Darmadi, S.Pd.,M.Eng untuk memberikan sambutan selaku tuan rumah di SMK N 2 Wonosari. Hadir pula tim sosialisasi dari Universitas Veteran  Bangun Nusantara Sukoharjo sebanyak 4 orang yang terdiri dari Ketua Yayasan, Bidang Humas, Dosen Bahasa Inggris dan Staf dari Univet.

Sebelumnya, pada tanggal 29 Januari 2020 telah diadakan rapat pembentukan Panitia Reorganisasi MGBK SMK GK di SMK Muhammadiyah Karangmojo. Panitia reorganisasi yang telah terbentuk kemudian menentukan kriteria dan tahapan pemilihan, menyiapkan instrumen pemilihan yakni menggunakan sistem online polling dengan google form, lalu men-sosialisasikannya kepada forum MGBK.

Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh panitia, akhirnya terpilih 5 calon ketua MGBK, antara lain:
1. Sukiter, M.Pd. (Guru BK SMK YPKK Tepus)
2. Agus Priyo Wasono, S.Sos.I. (Guru BK SMK I Muhammadiyah Playen)
3. Ribut Budiyanta, S.Pd. (Guru BK SMK Binakarya Rongkop)
4. Suhartono, S.Pd. (GURU BK SMKN 1 Wonosari)
5. Ngatijan, S.Pd. (GURU BK SMKN 2 Wonosari )

Dari hasil online polling didapatkan data jumlah tanggapan yang masuk sebanyak 77 tanggapan, suara sah sebanyak 68 suara, dan keterwakilan wilayah sebanyak 35 sekolah.

Hasil perolehan suara menunjukkan bahwa ketua MGBK SMK Gunungkidul terpilih periode 2020-2024 adalah Ibu Sukiter, M.Pd. dengan perolehan suara sebanyak 41,2 %. Beliau adalah Guru Bimbingan Konseling sekaligus Kepala Sekolah SMK YPKK Tepus.

Berikut prosentase keseluruhan calon ketua yang diusulkan:


Bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala atas terpilihnya Ibu Sukiter, M.Pd sebagai Ketua MGBK SMK Gunungkidul periode 2020-2024. Pada periode sebelumnya beliau mengemban amanah yang sama yakni sebagai ketua MGBK SMK Gunungkidul periode 2016-2020. Terpilih kembali merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami warga SMK YPKK Tepus.

Pesan Ibu Sukiter kepada kami, seluruh warga SMK YPKK Tepus yang disampaikan siang tadi,
1. Jangan pernah malu menjadi warga SMK YPKK Tepus
2. Jangan pernah berhenti berjuang untuk SMK YPKK Tepus
3. Jangan pernah gentar mensosialisasikan SMK YPKK dalam rangka PPDB 2020
4. Wajib bangga menjadi bagian dari SMK YPKK Tepus. “Walau sekolah pinggiran, sekolah baru, jumlah siswa masih sedikit, sarana prasarana masih sangat minim, tetapi guru BK SMK YPKK Tepus masih dipercaya untuk memimpin teman-teman Guru BK di SMK GK ” ujar beliau.

Beliau juga menyampaikan bahwa terpilihnya beliau sebagai Ketua MGBK SMK Gunungkidul harus menjadi motivasi warga SMK YPKK Tepus, bahwa jumlah murid sedikit bukan tidak ada peluang untuk menjadi sekolah unggulan, jika semua berkomitmen untuk mengelola sekolah ini dengan baik. Diawali dengan menerapkan budaya tertib, bersih dan rapi di lingkungan sekolah. Pendidikan karakter akan menjadi bagian terpenting dari upaya pencapaian visi dan misi SMK YPKK Tepus.
“Mari semangat membangun SMK YPKK Tepus menjadi lebih baik.” pungkasnya.

Tahap selanjutnya yang harus ditempuh oleh Ketua MGBK terpilih adalah membentuk pengurus MGBK SMK Gunungkidul yang baru, mempersiapkan SK Ketugasan, dan menyusun Program Kerja. Semoga Ibu Sukiter, M.Pd. dapat mengemban amanah ini dengan baik dan memberi kemaslahatan bagi banyak orang. (ist)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama