About Me



TEPUS, Gunungkidul – Jumat (13/03/2020) bertempat di Unit 2 SMK YPKK Tepus yakni di Klapaloro 1, Giripanggung, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta berlangsung rapat koordinasi guru dan karyawan SMK YPKK Tepus dalam rangka persiapan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). UNBK dijadwalkan selama 4 hari, yakni tanggal 16 sampai dengan 19 Maret 2020.


Rapat dimulai pukul 08.00 WIB dipimpin oleh Ibu Sukiter, M.Pd. selaku Kepala SMK YPKK Tepus. Segala kelengkapan terkait pelaksanaan UNBK dicek satu per satu, di antaranya POS UNBK (Prosedur Operasional Standar UNBK), Program Kerja UNBK, RAB (Rencana Anggaran dan Belanja), kesiapan panitia dan pengawas ujian serta perihal teknis lainnya.


Di sela rapat koordinasi, Ibu Sukiter memaparkan tentang Covid-19 yang tengah mengusik kesehatan warga dunia. “Mewabahnya virus mematikan ini perlu diantisipasi dengan baik sesuai dengan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tercantum dalam SE Nomor 3 Tahun 2020,” ujar beliau.


Ada beberapa poin yang dijelaskan secara detail mengenai pencegahan penularan Covid-19. Intinya, mengacu pada bagaimana seluruh satuan pendidikan bisa mengoptimalkan peran unit kesehatan sekolah atau unit pelayanan kesehatan masyarakat.
“Kita harus menyiapkan sabun cuci tangan bagi peserta UNBK. Ini penting karena merupakan bagian cara mencegah berkembangnya virus mematikan ini. Tidak bersalaman saat menyambut siswa, cukup dengan senyum dan sapa saja,” tegasnya.


Ibu Sukiter menjelaskan secara lengkap mengenai berbagai hal yang harus dilakukan sebagai tindakan antisipasi Covid-19 hingga selesai. Sesi berikutnya adalah koordinasi terkait PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun pelajaran 2020/2021. Di tengah pembahasan PPDB, yakni sekitar pukul 09.30 WIB, tampak sebuah mobil memasuki halaman SMK YPKK Tepus. Rupanya tamu yang dinanti telah tiba. Mereka adalah bapak/ibu pengurus yayasan YPKK DIY yang sengaja hadir dalam rapat tersebut guna memberikan arahan dan motivasi bagi guru dan karyawan SMK YPKK Tepus.


Sambutan takzim disertai rasa gembira kami haturkan kepada Ibu Pudjiarti selaku Ketua Yayasan YPKK DIY, Bapak Drs. Joko Purwanto selaku Sekretaris Yayasan dan Bapak Drs. Kastolani selaku Bendahara Yayasan.


Acara dilanjutkan dengan penyampaian arahan dari beliau bertiga. Diawali oleh Ibu Pudjiarti, dengan sifat keibuan dan kelemah-lembutan yang melekat padanya, beliau mengulas tentang seorang tokoh yang memiliki peran cukup besar terhadap SMK YPKK Tepus, yakni Bapak Drs. Sariman.




“Kita harus menjaga hubungan baik dengan Bapak Sariman. Menjalin komunikasi intensif dengan beliau, bahkan kita harus menganggap beliau sebagai bapak angkat kita. Yayasan sangat berterimakasih kepada Bapak Sariman,” ujar Ibu Pudjiarti.
Beliau juga menyampaikan bahwa kemajuan SMK YPKK Tepus terletak di tangan bapak/ibu guru. Yayasan hanya menaungi dan bertanggung jawab atas segala hal yang berkaitan dengan sekolah, oleh karena itu perlu komunikasi yang baik antara pihak sekolah dan yayasan sebagaimana selama ini telah dilakukan.


“Terimakasih karena SMK YPKK Tepus telah rutin mengirimkan laporan bulanan kepada yayasan,” imbuhnya.


Bapak Drs. Kastolani ‘dengan sosoknya yang kebapakan dan kalem’ menyambung pengarahan dengan memaparkan tentang tipe sekolah unggul. Beliau mengharapkan SMK YPKK Tepus dapat menjadi sekolah unggul yang menekankan pada iklim belajar positif.


“Jadikan SMK YPKK Tepus sebagai sekolah yang siap menerima siswa dalam kondisi apapun. Tidak masalah walaupun yang mendaftar adalah siswa dengan prestasi pas-pasan. Tugas kita adalah memroses mereka, mencetak mereka menjadi output yang unggul, produktif, dan berprestasi, baik dalam akademik maupun non-akademik,” ujar beliau.


Motivasi berikutnya disampaikan oleh Bapak Drs. Joko Purwanto, dengan karakternya yang humoris namun tetap karismatik beliau menyampaikan suntikan motivasi yang tak kalah berkesan dari dua pembicara sebelumnya.


“Buatlah SMK YPKK Tepus itu lain dari yang lain. Temukan sesuatu yang unik yang bisa dikembangkan untuk memajukan sekolah, baik dalam bidang olahraga, seni, ataupun akademik. Kalau perlu, jadikan sesuatu yang tadinya tidak disukai orang menjadi digemari banyak orang,” tutur beliau penuh semangat.


Beliau juga berbagi cerita tentang sepak terjang beliau di dunia pendidikan. Beliau memang memiliki peran strategis dalam beberapa posisi struktural keorganisasian.


“Saya memang terlibat secara struktural di berbagai organisasi. Peran ini saya gunakan sebagai salah satu cara untuk mempromosikan sekolah yang dulu saya kelola. Apalagi Bu Sukiter yang gesit dan aktif ini, aktif diberbagai organisasi baik MGBK, PGRI, Pramuka dan organisasi lainnya, tentu akan memiliki pengaruh yang besar terhadap banyak orang. Gunakan pengaruh tersebut untuk mengembangkan dan memajukan SMK. Sebab adanya pengaruh merupakan salah satu daya tarik bagi masyarakat. Artinya ada kepercayaan lebih,” ujar beliau.


Bapak Joko juga menekankan agar SMK YPKK Tepus berkonsentrasi dalam penempatan kerja yang terorganisir dengan baik. “Menjalin relationship dengan perusahaan ternama dan berkelas dapat menjadi salah satu cara meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah. Maknanya bahwa lulusan SMK YPKK Tepus memang mumpuni dan diterima dengan baik oleh dunia usaha dan industri,” imbuhnya.


Tepat pukul 11.30 WIB, penyampaian motivasi dari yayasan ditutup oleh Ibu Pudjiarti. Beliau bertiga berpamitan untuk kembali ke Kota Yogyakarta.


“Terimakasih Bapak/Ibu Pengurus Yayasan YPKK DIY yang telah berkenan mengunjungi kami dan menyampaikan banyak nasehat serta motivasi. Sangat bermanfaat bagi kami, semoga kami bisa melaksanakannya dengan baik, mewujudkan SMK YPKK Tepus sebagaimana harapan kita semua. Kami mohon doa restu semoga UNBK berjalan lancar tanpa kendala berarti dan juga PPDB dapat merangkul lebih banyak siswa lagi untuk belajar di SMK YPKK Tepus,” ujar Ibu Sukiter menutup acara pada hari itu. (ist)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama