About Me



TEPUS, Gunungkidul -- Serangkaian kegiatan untuk menyambut suksesnya pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2019/2020 diikuti oleh seluruh siswa kelas XII SMK YPKK Tepus, baik dari jurusan Tata Busana maupun jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.

Salah satu kegiatan jelang sukses UNBK adalah Gladi Bersih UNBK yang dijadwalkan selama tiga hari, yakni 17 Februari 2020 sampai dengan 19 Februari 2020.

Diawali hari Senin, 17 Februari 2020, seluruh siswa nampak antusias mengikuti Gladi Bersih mata pelajaran Bahasa Inggris. Mereka memasuki ruang ujian dengan penuh semangat, berpenampilan rapi, dan tidak ada yang datang terlambat.

Ada kendala teknis di hari pertama tersebut, terjadi error system dari pusat. Informasi yang kami terima, bahwasanya hampir semua sekolah mengalami kendala serupa, sehingga hal ini merupakan kendala nasional.

Pihak teknisi, Bapak Wondo Nurcahyo, S.Pd. telah berkoordinasi dengan Ibu Anidya Pratiwi, S.Pd. selaku Proktor dan disampaikan bahwa Gladi Bersih UNBK hari pertama akan diganti menjadi hari Kamis, 20 Februari 2020.

“Hampir semua sekolah mengalami hal yang sama, sehingga disebut sebagai problem nasional. Sebagai solusi, jadwal Gladi Bersih UNBK hari pertama diganti menjadi Kamis, 20 Februari 2020,” ujar Ibu Anidya Pratiwi.

Hari kedua, ketiga, dan keempat semua berjalan lancar tidak ada kendala yang berarti. Siswa mengerjakan soal dengan cermat didampingi oleh Pengawas Ujian, Proktor, dan Teknisi.

Adapun mata uji pada gladi bersih ini di antaranya :
  • Senin, 17 Februari 2020 : Bahasa Inggris (dialihkan ke hari Kamis karena kendala)
  • Selasa, 18 Februari 2020 : Teori Kompetensi Keahlian (45 menit), Assesmen Kompetensi Minimum AKM (45 Menit), dan Angket (30 menit)
  • Rabu, 19 Februari 2020 : Simulasi Guru (Soal AKM)

Gladi bersih menjadi latihan “akhir” untuk memastikan kesiapan sistem dan segala sesuatu yang mendukung pelaksanaan UNBK 2020 nanti.

Dengan adanya gladi bersih ini, setiap unsur yang terlibat dalam pelaksanaan UNBK menjadi tahu berbagai hal yang dimungkinkan muncul di luar dugaan, selama kegiatan berlangsung, sehingga dapat diambil tindakan tepat sebagai solusinya. Semoga UNBK yang diperkirakan dilaksanakan pada Maret 2020 nanti dapat berjalan lancar. (Ist)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama